Berita

Cuti Online melalui Banjarbaru Bagawi

Pengajuan cuti online ini merupakan menyempurnaan pengajuan cuti semi-online yang sudah mulai diterapkan pada pertengahan tahun 2020. Perbedaannya adalah dalam pengajuan cuti online saat ini semua penanganan permohonan cuti bisa diakses melalui gadget masing-masing pegawai, mulai dari permohonan cuti hingga penandatangan digital oleh Pejabat yang Berwenang Memberikan cuti (PPK) atau Pejabat yang telah mendapat delegasi wewenang pemberian cuti sesuai dengan Keputusan Wali Kota Banjarbaru Nomor 188.45/359/KUM/2018 tentang Pendelegasian Wewenang Pemberian Cuti, Ketentuan Permintaan dan Pemberian Cuti bagi PNS, PTT dan Tenaga Kontrak di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru.

Salah satu upaya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik pada bidang kepegawaian, BKPP Kota Banjarbaru Kembali meluncurkan inovasi baru yaitu pengajuan Cuti secara online. Cuti adalah keadaan tidak masuk kerja yang diizinkan dalam jangka waktu tertentu.

Cuti online ini dapat diakses melalui akun banjarbaru bagawi masing-masing pegawai dan langsung terintegrasi dengan absensi pegawai tanpa harus menginput lagi secara manual jika cuti sudah disetujui oleh Atasan Langsung dan PyB memberi cuti.

Cuti online dapat menyederhanakan proses secara digital, serta memberikan akses secara fleksibel, mobile dan realtime kepada semua pihak yang terlibat dalam proses, sehingga proses pengajuan dan persetujuan dapat dilakukan dengan cepat, darimana saja, kapan saja, lewat smartphone.

Baik Pegawai, Atasan Langsung dan PyB Memberikan Cuti dapat dengan mudah melihat sisa jatah Cuti Tahunan secara real-time, tanpa harus menghitung secara manual.

Setiap cuti yang diusulkan dan disetujui melalui aplikasi akan memotong sisa cuti pegawai. Saat sisa cuti tersebut habis, aplikasi secara otomatis menolak pengajuan dari pegawai. hal ini juga terjadi jika kuota jumlah pegawai yang mengajukan cuti tahunan dalam SKPD tersebut telah terpenuhi, maka pengajuan cuti pun akan di tolak oleh sistem.

Dalam hal pegawai mengajukan cuti mendadak atau cuti tak direncanakan, sistem cuti online dengan banjarbaru bagawi memungkinkan persetujuan lebih cepat dibanding cara manual. Pengajuan dan persetujuan cuti bisa dilakukan saat itu juga, di mana saja, dan tanpa perlu tatap muka.

Bagi atasan langsung dan PyB, kecepatan informasi pegawai yang mengajukan cuti mendadak berguna dalam pendelegasian tugas yang ditinggalkan. Misalnya, atasan bisa segera melimpahkan tugas harian pegawai yang cuti ke pegawai lain.

Seluruh proses pengajuan cuti pun dapat dipantau melalui notifikasi yang dikirimkan secara realtime melalui dashboard akun aplikasi banjarbaru bagawi maupun melalui whatsapp.

Selain CLTN yang memang harus diajukan secara tertulis oleh pegawai yang bersangkutan, cuti online di banjarbaru bagawi dapat digunakan untuk mengajukan semua jenis cuti seperti cuti tahunan, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti alasan penting dan cuti besar.

Inovasi cuti online ini juga merupakan kado untuk peringatan ulang tahun kota banjarbaru ke 22 untuk Bersama-sama mewujudkan Banjarbaru Juara, Banjarbaru Maju, Agamis dan Sejahtera.