Berita

Usulan Anugerah ASN Capai 1.051 Kandidat

JAKARTA – Sebanyak 1.051 usulan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 281 instansi pemerintah diusulkan dalam ajang Anugerah ASN yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Saat ini, mereka masuk pada tahap seleksi administrasi.

“Anugerah ASN terdiri dari tiga kategori, yakni PNS Inspiratif, PPT Teladan, dan The Future Leader. Dari ketiga kategori ini terlihat antusiasme instansi pemerintah pengusul cukup tinggi termasuk dari masyarakat,” ujar Deputi bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja, di Kantor Kementerian PANRB.

Pada tahun ini, tercatat sebanyak 721 usulan ASN diusulkan dari 177 instansi pemerintah pada kategori PNS Inspiratif, kemudian sebanyak 274 usulan ASN dari 72 instansi pemerintah di kategori The Future Leader, dan terdapat 56 usulan ASN dari 32 instansi pemerintah untuk kategori PPT Teladan. “Kenaikannya cukup signifikan. Terlebih dilihat dalam kategori yang baru diadakan tahun ini, The Future Leader, banyak yang mengusulkan,” ujarnya.

Sementara di tahun 2018, pada kategori PNS Inspiratif hanya sebanyak 503 kandidat dan PPT Pratama Teladan sebanyak 85 kandidat.

Setiawan berharap dengan banyaknya usulan ini, dapat membangun suasana kompetitif antar-ASN. Selain itu, dapat memberikan kontribusi positif dalam budaya kerja, sehingga dapat untuk meningkatkan pelayanan publik serta dapat meningkatkan kualitas implementasi sistem merit.

Ajang Anugerah ASN ini merupakan upaya Kementerian PANRB untuk memberikan motivasi bagi ASN agar senantiasa meningkatkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. Disamping itu, Anugerah ASN juga sejalan dengan visi kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam sektor pengembangan SDM untuk mencetak ASN yang unggul.

Kegiatan yang mengusung ‘Talent Management Strategies for Retaining High Potential ASN’ ini diharapkan dapat membangun persepsi positif ASN di mata masyarakat sebagai pelayan publik yang juga perekat NKRI dan pemersatu bangsa. Didasari oleh UU No. 5/2014 tentang ASN dan PP No. 11/2017 tentang Manajemen PNS, kegiatan ini dapat menghasilkan basis data talenta PNS terbaik.

Untuk mendapatkan nomine terbaik bagi masing-masing kategori, peserta yang diikutkan dalam Anugerah ASN 2019 ini akan mengikuti beberapa tahapan seleksi. Tahapan tersebut meliputi seleksi administrasi, verifikasi lapangan, presentasi dan wawancara, serta penilaian rekam jejak dan integritas. (byu/HUMAS MENPANRB)

Sumber : https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/usulan-anugerah-asn-capai-1-051-kandidat